Rabu, 26 Mei 2010

Tipe Orang Menghadapi Masalah

Dalam hidup kita selalu berhadapan dengan masalah. Mulai dari masalah kita dengan pekerjaan, dengan keluarga, dengan masyarakat bahkan dengan negara.

Masalah dalam hidup ini bisa diibaratkan sebuah tekanan yang mengimpit kita. Semakin kita lemah menghadapi masalah, maka hidup kita akan semakin sulit. Semakin tumpuk masalah yang menghimpit, maka hidup akan semakin sengsara dan penuh dengan tekanan.

Sebenarnya setiap masalah adalah untuk diselesaikan. Setiap masalah adalah ujian yang datang kepada kita. Sama seperti ketika sekolah dulu, untuk mengevaluasi hasil belajar kita maka diadakanlah ujian. Begitupun dengan masalah, itu merupakan ujian dalam kehidupan kita untuk mengevaluasi apakah kita sukses dalam menjalani kehidupan ini atau sebaliknya.

Setiap masalah yang datang akan menjadi masalah berikutnya ataukah terselesaikan adalah tergantung sikap mental orang yang menghadapinya.

Ada beberapa tipe mental orang ketika menghadapi tekanan sebuah masalah.

1. Tipe pertama adalah orang dengan mental tempe atau tahu. Anda tau kan bagaimana tmepe ketika ditekan oleh sesuatu, dia akan rusak dan meninggalkan bekas ya sama juga dengan tahu. Orang yang mempunyai mental tahu tidak bisa bertahan ketika menghadapi tekanan dari masalah hidupnya. Orang seperti ini membutuhkan seorang pendamping atau pembimbing agar dia mampu menghadapi masalah yang menekannya.

2. Tipe kedua adalah orang dengan mental besi. Ketika tekanan sebuah masalah menimpanya, orang ini akan mampu bertahan pada awal mulanya, namun layaknya seperti besi semakin lama dan semakin keras beban yang menimpanya besi akan menjadi bengkok dan tak langsung kembali ke bentuk semula lagi.

3. Tipe ketiga adalah orang dengan mental kapas. Orang ini akan selalu mampu menyesuaikan diri dengan tekanan masalah yang menimpanya. Ibarat sebuah kapas, ketika kapas menerima sebuah tekanan dia akan menyesuaikan diri dengan tekanan tersebut dan kemudian mengembang kembali ke bentuk semula.

4. Tipe orang keempat adalah orang dengan mental bola pingpong. Nah tipe inilah yang luar biasa. Orang dengan tipe ini, ketika ditekan dengan sebuah masalah dia malah menggunakan masalah tersebut sebagai sebuah energi untuk melambung lebih tinggi. Dia menjadikan sebuah masalah untuk melesatkan diri lebih jauh lagi. Layaknya sebuah bola pingpong, ketika kita memberikan tekanan kepadanya maka dia akan memantul dan melesat, bahkan ketika tekanan yang kita berikan semakin keras semakin kencang juga dia memantul.

Nah..termasuk mental tipe manakah anda?? Semoga kia selalu bisa menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah yang menghampiri kita. AMiin.

1 komentar:

  1. nice post.... lam kenal ya.... balik berkunjung dong n follow blog aku ya

    regards,
    citra

    BalasHapus