Sabtu, 12 Juni 2010

Manfaat Shalat Dhuha

Sebuah hadits mengatakan mengenai shalat dhuha, saking pentingnya shalat dhuha, sampai-sampai Rasulullah menjadikannya sebuah wasiat.

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan: ” Kekasihku, Rasulullah SAW berwasiat kepadaku mengenai tiga hal :
a) agar aku berpuasa sebanyak tiga hari pada setiap bulan,
b) melakukan sholat dhuha dua raka’at dan
c) melakukan sholat witir sebelum tidur.” ( H.R. Bukhari & Muslim
).

Apa sebenarnya manfaat shalat dhuha. Dari beberapa sumber saya menyimpulkan beberapa manfaat dari shalat dhuha. diantaranya :

1. Membuat hati kita tenang.
2. Membukakan pintu rejeki atau usaha yang sedang kita jalani.
3. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat yang telah kita terima. Sehingga dengan bersyukur akan ditambahkan nikmat kepada kita.
4. Mendapatkan ganjaran masuk surga InsyaAllah. Sebagaimana hadits nabi SAW.

“Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-dhuha ( pintu dhuha ) dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha ? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.” ( H.R. at-Tabrani).

Kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat dhuha?
Lebih enaknya melaksanakan shalat dhuha memang sebelum melakukan berbagai aktivitas, sehingga ketika kita melaksanakan aktivitas, hati kita menjadi tenang karenanya. Tapi itupun kalau memungkinkan.

Kalau mengacu kepada jam, Waktu dhuha itu dimulai sejak sekitar pukul 07.00- 10.00 WIB (CMIIW).

Saya sendiri juga memang belum istiqamah melaksanakan shalat dhuha, semoga dengan menulis hal ini saya bisa istiqamah. Doakan ya.. Ayo kita mulai melaksanakan shalat dhuha. Semoga kita bisa mendapatkan manfaat shalat Dhuha. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar